Minggu, 01 Februari 2015

KBB # 44 : Pisang Molen



Tantangan KBB kali ini adalah pisang molen, salah satu pastry yang identik sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Sudah lama ga bikin pisang molen ini, jadi ga terlalu ingat caranya. Modal bikin tantangan ini hanya surtjin doang hehee.... Bismillah.....

Secara bikinnya SKS (kebiasaaaann...), maka tidak ada waktu lagi buat bikin ulang. Pisang molennya baru keluar oven langsung di foto. 

Rasa pisang molennya enak, apalagi pakai pisang raja yang sudah matang, rasanya manis banget. Layernya jadi euy... Walaupun di foto tidak terlalu nampak layernya secara take photonya juga buru-buru. 





Terlampir resepnya yaa...


KBB#44 Pisang Molen (khas Indonesia)
By Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan kulit A
100gr tepung trigu all purpose
1sdm minyak goreng
80gr margarin
Bahan kulit B
300gr tepung trigu all purpose
50gr gula halus/gula kastor
100gr margarin
100ml air dingin dari kulkas
1/4sdt garam halus
1/4sdt vanili bubuk
Bahan isian
10buah pisang raja/pisang tanduk yang manis, kukus dan potong melintang 4cm kemudian belah menjadi 2
100gr keju cheddar potong memanjang menjadi seukuran pisang sebanyak 20buah
50gr coklat beras/messes

Bahan olesan :
1butir kuning telur
1sdm mentega cair
Cara membuat :
1. Buat adonan kulit A, yaitu campur smua bahan dan aduk dengan spatula/sendok kayu sampai merata kemudian bagi menjadi 20, bulatkan
2. Buat adonan kulit B, sama campurkan smua bahan kemudian uleni sampai kalis dan bagi menjadi 20bagian, bulatkan
3. Ambil 1 adonan B, gilas agak tipis menjadi segiempat, letakkan 1adonan A diatasnya. Lipat seperti amplop sehingga A tertutup kemudian rapihkan menjadi bulat kembali. Lakukan untuk kesemua 20adonan
4. Ambil 1 adonan (gabungan A dan B tersebut) dan tipiskan lagi menjadi persegi panjang, gulung/lipat ke dalam dari sisi yang pendek, gilas tipis lagi, dan ulang  hingga  3 kali proses.   Kerjakan smua adonan dan akhiri dengan bentuk gulungan/lipatan. Biarkan beristirahat kurang lebih 30menit
5. Sementara itu panaskan oven pada suhu 180C dan siapkan loyang, poles dengan margarin, beri kertas dan poles lagi
6. Ambil 1 gulungan adonan yang telah diistirahatkan, buka gulungan/lipatannya, gilas tipis menjadi segiempat samasisi. Letakkan sepotong pisang, messes, keju dan tutup dengan pisang lagi. Lipat seperti amplop  atau martabak telur mini. Kerjakan sampai habis adonan, kemudian oles permukaannya dengan kuning telur
7. Panggang selama kurang lebih 60menit, sesaat setelah matang, poles pisang molen dengan mentega cair tipis-tipis









Happy baking!

Rabu, 28 Januari 2015

LBT # 37 : Choco Chiz Cake


HAPPY 4TH ANNIVERSARY LBT

Tema pr bulan ini adalah Anniversary LBT yang ke-4.
Awal ikutan di LBT ini pas pr ultah LBT yang ke-1. Banyak pelajaran yang didapat, teman-teman baru, dan yang pasti LBT adalah tempat aktualisasi diriku semenjak berhenti bekerja hehee... Mari berkarya dirumah yuukk...
Sukses selalu buat LBT, mmuuaacchh.....

Kembali ke laptop... Ikut serta memeriahkan ultah LBT, akhirnya dibuatlah spongecake coklat dilapisi cream chiz frosting. Atasnya dikasih ganache yang diselang-seling dengan cream chiz frosting juga.

Spongenya bisa pakai resep yang mana saja yaa... Silahkan pakai resep favorit masing-masing. Kalo aku pakai resep Rainbow Roll Cakenya mbak Nien Ing, disesuaikan dengan kebutuhanku yang ingin cake coklat. Resep sbb :

Choco Chiz Cake 
(source : Rainbow Roll Cakenya Nien Ing, modified by Sari Suwesmin)

Bahan :
6 telur ayam
100 gr gula pasir ---> me : 125 gr
75 gr terigu pro. sedang
Emulsifier secukupnya
15 gr maizena
10 gr susu bubuk ---> me : 10 gr coklat bubuk
125 mentega, lelehkan
1 sdt pure vanilla ---> me : ga pakai
20 ml susu cair ---> me : ga pakai
Pasta rainbow ---> me : ga pakai

Metode kocok : all in 1 method
Loyang : 30x30x3cm
Suhu 200C selama 15 - 20 menit.






Cake dipotong 4 sama rata, setiap lembar cake oleskan dengan cream chiz frosting, tutup dengan lembaran cake yang lainnya, oles kembali frostingnya. Lakukan hingga cake habis.
Siapkan ganache dan cream chiz frosting didalam piping bag, hias sesuai selera.

Untuk ganachenya , aku pakai ganache yang sudah jadi aja, bisa dibeli di toko bahan kue yaa...
Sedangkan cream chiz frostingnya, aku bikin dari :

100 gr cream cheese
100 gr whipp bubuk merk Haan
200 ml air es
2 sdm gula bubuk atau sesuai selera

Biarkan cream cheese disuhu ruang.
Campur whip bubuk dengan gula bubuk, aduk rata.
Tambahkan air es, kocok hingga mengembang.
Masukkan cream cheese, kocok hingga rata dan kaku.
Cream cheese frosting siap digunakan.

Happy baking!




LBT # 36 : Bread Butter Pudding


Postingan yang terlambat, seharusnya dipost bulan lalu hehee...
Tema pr bulan lalu adalah puding panggang. Kebetulan ada stock roti tawar di kulkas, jadi aku bikin bread butter pudding aja.
Bikinnya gampang banget kok.
Siapkan beberapa lembar roti tawar, oles bolak balik rotinya dengan mentega. Sisihkan. Campur susu cair (1 botol kecil) dengan 3 butir telur dan gula pasir 150 gr (manisnya disesuaikan dengan selera), aduk rata.
Siapkan alfoil cup, susun roti tawar yang sudah dioles mentega (susunnya sesuai selera ajah), siram dengan campuran susu tadi, biarkan sekitar 5 menit hingga susu meresap ke dalam roti. Panggang hingga matang. Bisa dikasih topping kismis, almond slice, keju parut dll.
Gampangkaann.... Cobain yuukk!


Rabu, 14 Januari 2015

B/W Picture Challenge


Sehari setelah di wisuda dari food challenge (hallaahh...), kecolek lagi sama teman buat ikutan black and white picture challenge.

Challengenya mesti setor foto hitam putih, ROTGnya sama dengan food challenge. Merasa ga bisa bikin foto b/w n ga paham juga, akhirnya foto diambil dari file yang ada aja. Edit pakai Photoscape, jadilah foto hitam putihnya hihiii....









Food Challenge


Ceritanya gie rame di FB challenge foto makanan. Jadi siapapun yang dicolek teman yang ikutan food challenge, harus setor foto makanan selama 5 hari berturut-turut dan juga mesti tag 1 orang teman untuk diajak challenge juga.

Soo... Kecoleklah daku hihii...
Foto makanan boleh kue/masakan bikin sendiri, boleh beli jadi, boleh dikasih tetangga, dll hehee...

Kebetulan gie belajar jepret2, jadi moment food challenge ini dimanfaatkan buat memfoto kue seindah mungkin. Masih amatiran, beberapa foto kayaknya ada yang kurang apaaa gitu... Namanya juga masih belajar yaa, mohon dimaklumi hehee....






Senin, 01 Desember 2014

KBB#43 Mexican Buns aka Rotiboy



Duluuu sekali pernah bikin rotiboy. Sudah....., sekali bikin itu aja dan ga pernah bikin lagi. Penasaran aja yang bagaimana sih rotiboy itu. Hingga akhirnya KBB pun memberikan tantangan membuat rotiboy. Jadi ini yang kedua kalinya aku bikin rotiboy hehee.....

Bikinnya sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Maaf ya Bu Host..... Semoga masih diperkenankan ikut partisipasi tantangan kali ini, puuhliiisss.....




Mexican Buns aka Rotiboy
sumber : adaptasi dari The Fresh Loaf dan Wendy Kor Baking Recipes

Adonan 1 - tangzhong/water roux
20 gr   tepung protein tinggi
100 gr susu segar
* Aduk rata, kemudian masak diatas api kecil sampai terbentuk garis2 mengikut adukan sendok, suhunya kurang lebih 65derajat celcius.. dan ingat jangan sampai mendidih ya.
*Sisihkan, tutup dengan cling wrap hingga tersentuh permukaannya supaya tidak mengering membentuk kerak
Adonan 2: Buns
380 gr tepung protein tinggi
200 gr susu segar, suhu agak hangat
40 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
4 gr instant yis
6 gr garam halus
40 gr unsalted butter
keseluruhan adonan tangzhong
Cara membuat :
1. Campurkan kesemua bahan kering kemudian tuang adonan tangzhong kedalamnya, aduk dengan mixer sampai tercampur rata
2. Masukkan butter dan teruskan mengaduk, sehingga adonan menjadi kalis
3. Dapat juga diteruskan dengan menguleni manual, sampai adonan kalis elastis. Adonan buns yang kalis elastis ini akan menentukan kualitas hasil rotinya.
4. Bulatkan dan simpan dalam bowl yang sudah dioles sedikit butter/olive oil, tutup dengan lap lembab bersih dan biarkan rehat kurang lebih 40-60menit atau sampai double size
5. Kempiskan adonan, kemudian timbang masing-masing 55gram dan biarkan 10menit
6. Giling dengan bantuan rolling pin, kemudian beri filling, kunci dan bulatkan kembali. 
7. Letakkan di atas loyang dan biarkan berehat lagi selama 40menit 
8. Sementara preheat oven pada suhu 190C,  semprotkan topping ke atas bun membentuk lingkaran obat nyamuk, dan panggang pada suhu selama 15-20menit
Filling:
200 gr butter beku, potong kotak dengan ukuran 2x2x1cm, 
Topping:
50 gr unsalted butter, lembutkan
50 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
70 gr all purpose flour
Coffee / mocha essence secukupnya
**note: essence bisa  diganti dengan membuat campuran  1sdt kopi instant+sedikit air
Cara membuat topping :
Kocok butter dan gula hingga creamy, kemudian masukkan telur dan teruskan mengocok. 
Masukkan tepung terigu, dan tambahkan essence coffee/mocha lalu aduk merata, 
Masukkan kedalam piping bag
Siap digunakan dan bisa disimpan di icebox hingga 2hari

Rotinya lembut dan empuk banget. Jadi suka pakai metode tangzhong (water roux) ini. 
Terima kasih Bu Host untuk tantangannya kali ini.

Happy baking!